Festival Sebagai Ajang Pembelajaran Luar Kelas Siswa

By March 2, 2020Uncategorized
Salah satu pembelajaran luar kelas yang memiliki banyak ilmu yaitu gelaran festival atau pentas seni (pensi). Kegiatan yang banyak melibatkan siswa dalam struktur kepanitiaan ini memberikan pengalaman yang berharga bagi tiap siswa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, mengatakan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak harus di dalam kelas, berbagai kegiatan di luar kelas juga bisa jadi bagian dari pembelajaran.

Oleh karena itu SMP dan SMA Global Islamic School (GIS) 2 Serpong kembali menggelar GISSENCE dan GIS 2 Fest yang memasuki acara puncak pada Sabtu 29 Februari yang menghadirkan Payung Teduh, Naif, dan Hivi!

Romansyah, Kepala Sekolah SMP GIS 2 Serpong menjelaskan bahwa gelaran acara ini merupakan implementasi dari 4 pilar yang ada di GIS 2 Serpong yaitu kepemimpinan, akademik, keglobalan, dan keislaman. “Kepemimpinan atau leadership menjadi pembelajaran utama dalam kegiatan ini. Hal ini karena tiap siswa akan dilibatkan dalam kepanitiaan. Selama 4 hari pembelajaran kepemimpinan akan ada di luar kelas, mulai dari manajemen pengelolaan lomba seperti Futsal, Basket ball, speeling bee, speech, dan story telling, sedangkan untuk lomba keislaman yaitu lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ),” ungkap Romansyah.

Unggul Prakoso, Kepala Sekolah SMA GIS 2 Serpong menjelaskan bahwa konsep gelaran GIS 2 Fest ini adalah festival dan kegembiraan. “Pembelajaran tidak terus di dalam kelas melainkan juga di luar kelas. Untuk level SMA hampir 75 persen semua dari siswa yang menghandle acara, mulai dari perencanaan teknis lapangan sampai pencarian sponsporship, tidak ada intervensi berarti dari guru,” papar Unggul.

Lia Armaliani, Direktur GIS 2 Serpong mengatakan bahwa sumber ilmu pengetahuan tidak hanya berasal dari para guru dan internet saja. Namun, gelaran ini juga dapat dijadikan pembelajaran di luar kelas bagi para siswa. “Jadi GIS 2 Fest ini sesuai dengan visi sekolah kami yakni mengoptimalkan potensi fitrah peserta didik sebagai anugrah Allah dalam mewujudkan rahmatan lil alamin melalui salah satu ajang yang menampilkan kreativitas dan prestasi. Karena para siswa pun diciptakan dari potensi yang berbeda-beda,” ujarnya.

 

humas gis

Author humas gis

More posts by humas gis

Leave a Reply