The Spirit of Learning GIS-2 Students in the Pandemic Covid-19

By April 6, 2020Uncategorized

Menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 dan surat edaran BNPB nomro 15 A tahun 2020, maka Manajemen Perguruan Global Islamic School 2 memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan Home Learning dan Work From Home sampai tanggal 20 Mei 2020. Dengan meliburkan seluruh siswa diharapkan tidak menghambat proses belajar mengajar, dan  tetap berjalan maksimal.

Dengan terbitnya keputusan tersebut, seluruh karyawan dan guru harus tetap dapat menjalankan kegiatannya dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab melalui WFH (Work From Home), Setelah adanya info social distancing ini, maka pihak manajemen dan pimpinan bersinergi untuk mengawal kebijakan ini. Pimpinan dan guru-guru melakukan koordinasi untuk membahas hal-hal yang akan dipersiapkan dalam durasi waktu yang singkat. Menyiapkan semua persiapan untuk LFH, baik berupa materi, tugas dan soal serta segala hal lain yang dianggap penting. Kemudian dikoordinasikan disetiap group kelas  sebagai langkah awal untuk menyampaikan rencana LFH. Setiap guru wajib menjalankan proses pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas internet seperti whatsapp group, zoom dan google meet., sehingga setiap siswa tetap dapat melaksanakan pembelajaran di rumah dengan baik.

Dengan memaksimalkan seluruh fasilitas yang ada ternyata kegiatan LFH ini disambut dengan baik oleh seluruh siswa dan para orang tua. Tentunya dibutuhkan kerjasama dari guru, siswa dan orang tua, setiap guru mengirimkan materi pembelajaran sehingga siswa dapat menerima materi secara optimal. Hal ini membuat para orang tua terbantu dengan adanya media pembelajaran yang dikirim via online dan setiap guru  tetap mengontrol anak didik melalui orang tua via WhatssApp, meskipun situasi belajar di rumah dan di sekolah tidak sama.

Tingginya antusias para siswa dalam melakukan distance learning ini tampak dari kesungguhan keterlibatan  siswa mengikuti proses pembelajaran, pengerjaan soal maupun tugas yang diberikan dan pengirimkan kembali hasil dari kegiatan belajar tersebut sebagai hasil untuk dievaluasi. Setidaknya dengan pengalaman ini memberikan dampak positip penggunaan internet dalam meningkatkan pengetahuan serta pengalamaman baru, dan dibutuhkan inovasi secara terus menerus sehingga proses ini dapat berjalan dengan nyaman dan menyenangkan tanpa menjadi beban bagi siswa.

humas gis

Author humas gis

More posts by humas gis

Leave a Reply