Dra. Ida Halya Balfas

DIREKTUR

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, Alladzi arsala rosulahu bil huda wa dinil haq. Liyuzhhirohu ‘alad dini kullihi. Wa kafa billahi syahida. Asyhadu alla ilaha illallah, wahdahu laa syarikalah. Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuluhu, laa nabiya ba’da.

In the name of Allah, the most mercifull, the most compassionate, all praise and thanks belong to Allah, the master of universe. Peace and the blessings of Allah be upon our Great Prophet Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam who has brought us from the darkness to the brightness era; His devoted servant and His great messanger. We bear witness that there is none worthy of worship except Allah and we bear witness that our great prophet Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam is Allah’s messanger.

Ayah dan Bunda yang saya hormati, salah satu tujuan nasional yang sudah dirancang dalam Undang-undang adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam salah satu hak asasi manusia yang diatur dalam UUD 1945, “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan hidupnya”.

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan secara nasional di setiap satuan pendidikan, diarahkan pada upaya terselenggaranya layanan pendidikan kepada masyarakat. Hal awal agar layanan pendidikan itu dapat berjalan dengan baik, yaitu dengan diadakannya Penerimaan Peserta Didik Baru di lingkugan pendidikan. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah awal kegiatan yang dilakukan dalam sebuah lembaga pendidikan, termasuk di lingkungan Global Islamic School 2 Serpong.

Global Islamic School 2 Serpong (GIS 2 Serpong) dirancang dan diselenggarakan oleh para professional yang berdedikasi dan berkualitas dengan pengalaman yang luas dalam berbagai aspek Pendidikan. GIS 2 Serpong menawarkan proses pembelajaran yang berkualitas tinggi yang diramu oleh para ahli secara akurat. Peserta didik ditempatkan sebagai subjek potensial yang harus difasilitasi oleh tenaga yang berpengalaman, ahli, amanah, berkepribadian, komunikatif, kreatif dan inovatif. Sesuai dengan visi dari GIS 2 Serpong yaitu “Optimalisasi potensi (fitrah) peserta didik sebagai anugrah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam mewujudkan Rahmatan Lilalamin”.

GIS 2 Serpong memiliki program pengembangan ke khasan GIS yaitu English Communication Program dengan Program Tahfidz Quran 2 Juz setiap level dari Primary, Junior dan Senior High.

GIS 2 Serpong menerapkan kurikulum yang mendorong peningkatan dan pengembangan diri secara intelektual, sosial dan fisik bagi seluruh siswanya, terintegrasi dengan nilai-nilai agama islam. Materi pelajaran disajikan melalui topik-topik yang dikembangkan dalam silabus khusus untuk menstimulasi proses pembelajaran peserta didik. GIS 2 Serpong menggunakan Kurikulum Nasional Plus dengan mengimplementasikan mata pelajaran secara seimbang. Strategi Active and Cooperative Learning diterapkan secara bervariasi. Berbagai kegiatan ekstra kurikuler dan program bermutu lainnya disediakan sebagai sarana pengembangan life skills.

Berbeda dengan sekolah lainnya, GIS 2 Serpong memiliki tujuan dalam pembentukan karakteristik peserta didik, dengan melalui 4 Pilar yaitu Pilar Akademik, Pilar Keislaman, Pilar Keglobalan, dan Pilar Kepemimpinan. Kami berharap dengan kekuatan 4 pilar tersebut, para peserta didik dapat membentuk karakter sesuai dengan level pendidikannya mulai dari Playgroup sampai dengan Senior High.

Dalam menjalankan proses belajar mengajar yang berkualitas, GIS 2 Serpong selalu berlandaskan pada core values yang menjadi dasar tujuan GIS 2 Serpong didirikan yaitu CICRA ( Competence, Integrity, Compassionate, Responsible, Assertive), yang merupakan representasi dari 4 sifat Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi Wasallam yaitu: Fathonah (cerdas), Siddik (jujur), Amanah (dapat dipercaya) dan Tablig (menyampaikan).

Untuk menunjang segala kegiatan pendidikan di Global Islamic School 2 Serpong, kami menyediakan berbagai fasilitas yang mumpuni, seperti Library, Studio Musik, Laboratorium, Sarana Olahraga, Masjid, Mobil Antar Jemput, Auditorium serta masih banyak lagi fasilitas yang dapat mendukung proses pembelajaran.

GIS 2 Serpong juga mengembangkan pembelajaran abad 21 meliputi keterampilan 4C yaitu Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication dan Literasi dengan aplikasi Information Communication Technology (ICT) membuka jalur komunikasi terbuka (Global Educational Network) yang dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik dalam rangka menunjang kelancaran kegiatan pembelajaran.

Dengan beragam konsep dan rancangan pembelajaran yang berkualitas, kami berharap lulusan GIS 2 Serpong dapat menjadi pribadi yang cerdas, mandiri dan ber-akhlakul karimah sebagai generasi pemimpin masa depan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh